Senin, 20 Juni 2016

13 Cara Unik Minum Kopi Di Luar Dugaanmu

Kebiasaan minum kopi tidak asing lagi bagi semua orang. Apalagi saat cuaca dingin di pagi hari, atau ketika gerimis turun di sore hari. Rasanya pas banget ngobrol sama teman dengan sajian kopi di atas meja, lengkap dengan hidangan lainnya.

13 Cara Unik Minum Kopi Di Luar Dugaanmu
Ngomong-ngomong soal kopi, Indonesia menjadi juara pertama dalam kategori kopi termahal lho! Salut deh, untuk yang satu ini.

Di balik rasanya yang pahit dengan citarasa unik, ternyata kebiasaan minum kopi dilakukan dengan berbagai cara yang unik dan berbeda dari umumnya.

Fakta mengejutkan tentang kopi bahwa minuman ini diminum sebanyak 3,28 milyar cangkir setiap harinya di seluruh penjuru dunia. Ini belum termasuk yang minum di tempat tersembunyi, seperti di tengah hutan, atau mungkin di padang pasir.


13 Cara Unik Minum Kopi Di Luar Dugaanmu


Bijinya berbentuk sama dan mungkin diolah dengan cara yang sama, tapi diminum dengan cara berbeda. Nah, inilah cara minum kopi yang tidak lazim:

1. Menggoyang kopi di atas cawan

Menurut sebagian orang, kopi akan terasa lebih nikmat jika diminum dengan menuangkannya ke dalam cawan. Supaya tidak terlalu panas, mereka biasanya mengoyang-goyangkan kopi beberapa kali sebelum meneguknya.

2. Mencium aromanya kemudian diseruput

Nikmatnya kopi tidak hanya berasal dari rasanya saja lho, tapi juga dari aromanya yang harum. Sebagian orang minum kopi teguk demi teguk atau diseruput, setelah mencium baunya melalui hidung.

3. Membalik cangkir atau gelas

Di Aceh ada istilah kopi walik, dimana kopi yang berada dalam gelas ditutup dengan cawan kemudian dibalik dengan cepat. Mereka kemudian minum kopi dari bibir cawan, bukan gelas.

4. Diminum bersama arang

Nggak salah dengar nih? Begitulah, orang Jogja biasa mencelupkan arang membara ke dalam minuman kopi. Katanya rasa kopi campur arang lebih nikmat, mau coba?

5. Diminum bareng kue

Sebagian orang suka menyantap kue setelah mencelupkannya ke dalam secangkir kopi hangat. Kue kering sangat cocok untuk dibasahi dengan kopi, sebelum disantap.

6. Minum kopi menggunakan batok kelapa

Di Sumatera Barat, kopi kawa daun bukan terbuat dari biji kopi tapi daunnya. Citarasa yang ditimbulkan dari minuman pahit ini sangat berbeda, lebih nikmat menurut mereka.

7. Minum dari vending machine

Orang Jepang biasa minum kopi yang diproses oleh mesin vending. Mungkin cara ini cocok bagi anda yang super sibuk. Tinggal pilih, mau minum kopi dingin atau hangat.

8. Kopi Brazil

Sekitar 40% pemasok kopi di dunia adalah Brazil. Jika anda sempat berkunjung ke negeri ini, cobalah Cafezhino. Jenis kopi ini punya aroma kuat dan warnanya pekat, biasanya diseduh dengan air yang amat panas dan rasanya pun sangat manis.

9. Vietnam drip

Orang Vietnam suka minum kopi dari cangkir yang ada filter di dalamnya, yang disebut juga Vietnam drip. Caranya, tuangkan bubuk kopi sedikit demi sedikit pada filter. Tekan filter tersebut hingga ampasnya mengendap dan kopi pun menetes darinya.

10. Kopi Frappe

Orang Yunani punya teknik khusus dalam membuat minuman kopi, yang disebut dengan kopi Frappe. Dengan penyajian spesial yang menimbulkan busa di bagian atas.

11. Kopi Meksiko

Di Meksiko terdapat tempat minum kopi khusus yang bernama Cafe De Olla. Kopi yang disajikan dicampur dengan karamel yang sangat manis dan kayu manis yang harum. Mungkin anda dapat membayangkan rasanya?

12. Kopi kanada

Di Kanada ada istilah kopi hot brewed yang disajikan dengan suhu panas. Ada juga kopi cold brewed yang disajikan dengan suhu dingin. Pastinya citarasa kopi Kanada berbeda dari kopi biasa.

13. Minum dengan gelas kecil

Banyak sekali cara penyajian kopi di Kuba, seperti Cafeito, Colado, dan Corcadito. Keunikannya terletak pada gelas-gelas kecil yang digunakan untuk meminumnya. Penasaran dengan rasanya? Cobalah berkunjung ke sana.

Nah, itulah 13 cara minum kopi yang unik dari berbagai belahan dunia. Mungkin anda punya tradisi unik dalam minum kopi? Tuliskan pengalaman anda di kolom komentar. Simak juga: Cara Cas HP Super Unik Di Luar Dugaanmu

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Cara Unik Minum Kopi Di Luar Dugaanmu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan