Sabtu, 09 September 2017

4 Cara Unik Mendinginkan Laptop Yang Kepanasan

Laptop kamu cepat panas? Waduh, jangan dibiarkan hal itu terjadi terus – menerus. Lha, emangnya kenapa? Tentu saja akan menjadikan laptopmu cepat rusak lah. CPU laptop punya batas suhu yang tidak boleh dilampaui, supaya kinerjanya tetap optimal.

Jika suhu processor terlalu panas, akan berakibat hardware rentan dengan kerusakan. Ujungnya, kamu harus bawa laptopmu ke tukang servis. Atau pilihan lainnya, beli baru.


Kipas Pendingin Laptop yang unik
Laptop yang digunakan terus – menerus untuk maen game, muter video streaming dari youtube, dengerin musik, dan sebagainya, akan membuat perangkat ini mengalami overheat.

Pemakaian laptop haruslah bijak, ingat waktu. Jangan digunakan asal – asalan. Misalnya untuk main game tanpa kenal istirahat. Pada akhirnya laptop pun sering hank. Ketika kamu akan gunakan laptop untuk tugas menulis, tiba – tiba layar monitor mati dengan sendirinya. Kesel kan?


4 Cara Unik Mendinginkan Laptop Yang Kepanasan


Untuk menjaga laptop tetap dingin dan tidak overhead, ada beberapa cara unik yang dicoba oleh beberapa orang. Seperti apa? Penasaran? Simak beberapa caranya seperti berikut ini:

1. Gunakan Koin Tembaga

Cara unik untuk mendinginkan laptop ini dicoba oleh Akinori Suzuki, dengan menaruh tumpukan – tumpukan koin yen di atas laptopnya. Koin pecahan 100 yen yang terbuat dari tembaga tersebut ditaruh di atas bagian laptop yang terasa sangat panas.



Koin tembaga terbukti lebih efektif daripada heatsink aluminium yang biasa terdapat di laptop pada umumnya. Masalahnya, gimana dapetin koin yen di Indonesia? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan koin 500 rupiah yang juga terbuat dari bahan tembaga

Di bawah ini cara unik lainnya untuk dinginkan laptop:

2. Menggunakan kipas pendingin yang besar



Secara harga sih emang lebih murah dibandingkan dengan pad pendingin laptop, dan mungkin jauh lebih efektif untuk pendinginan. Tapi, apakah kira – kira kamu merasa nyaman saat menaruh kipas besar di bawah laptopmu?

3. Menggunakan air es dalam botol minuman



Mungkin cara unik ini benar – benar bekerja. Dalam arti, laptopmu akan menjadi agak dingin dengan adanya botol berisi es di bawahnya. Tapi, saya tidak merekomendasikan kamu untuk mencobanya lho. Sama sekali tidak efektif dan tidak praktis!

Mungkin kamu perlu pelajari: 14 Cara Kreatif Ubah Barang Bekas

4. Menggunakan Kulkas


dinginkan laptop terlalu panas

Kalau dibilang unik, iya sih. Tapi terlihat sekali bahwa kamu kurang kreatif dan tidak mau mencari cara yang tepat untuk mendinginkan laptopmu. Iya, kan?

Beberapa Cara Mendinginkan CPU laptop Yang Benar

Bersihkan CPU laptop

Serapat apapun laptop, mungkin saja kemasukan debu dan kotoran. Jika kamu bisa membongkar laptopmu sendiri, silahkan aja. Tapi, jika kamu ragu untuk melakukannya, serahkan kepada tukang service.

Gunakan Cooling Pad

Suhu laptop dapat dikurangi dengan menaruh cooling pad di bawah laptopmu. Sehingga kinerja processor tidak terlalu berat. Pastikan kamu meletakkannya di tempat yang tidak empuk, seperti kasur. Kipas – kipas kecil pada cooling pad mungkin berhenti saat tersangkut sprei kasurmu.

Shutdown Secara Berkala

Jika manusia butuh istirahat, tidak berbeda dengan mesin. Laptop ataupun komputer juga tidak akan bertahan jika dipakai secara terus – menerus tanpa henti. Matikan laptopmu selama ½ jam, setelah pemakaian 3 jam tanpa henti.

Gunakan Thermal Pasta Processor

Kamu bisa membelinya di toko komputer. Murah kok, harganya berkisar 10 ribuan. Cukup oleskan pada processor. Jangan diganti dengan pasta gigi, lho. Memang pasta gigi dapat mendinginkan processor, tapi sifatnya sementara. Pada jangka panjang justru pasta akan kering dan processor pun makin panas.

Simak juga: Cara Cas HP Unik Di Luar Dugaanmu

Nah, itulah 4 cara untuk mendinginkan Laptop yang panasnya berlebihan. Semoga memberikan inspirasi bagimu untuk mengatasi overheat pada laptop. Mungkin kamu punya cara yang lebih efektif dan kreatif?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

4 Cara Unik Mendinginkan Laptop Yang Kepanasan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan