Kamis, 14 Juli 2016

Cara Menabung Yang Unik Tak Terduga Olehmu

Bingung cari ide untuk menabung yang tidak biasa? Hampir semua orang memasukkan recehan ke dalam celengan dengan cara yang serupa. Kebiasaan menabung sangat bermanfaat dan mendidik. Saat kita membutuhkan dana yang cukup besar, celengan dapat dipecah untuk diambil uangnya. Tapi menabung dengan cara biasa rentan dengan berbagai risiko.

Pecahkan Celengan Unik
Jadi, seperti apa menabung di celengan yang tidak lazim? Sebenarnya cara ini pernah dishare oleh Amalia Putri di situs jejaring sosial terbesar saat ini, facebook. Bahkan cara menabung oleh putri tergolong unik dan membutuhkan konsistensi tinggi.

Satu hal yang perlu ditekankan bahwa tujuan menabung bukan hanya mengumpulkan uang sehingga tercapai jumlah tertentu. Lebih dari itu, sikap konsisten dan tanggung jawab akan terbentuk lewat kegiatan positif ini.


Cara Menabung Yang Unik Tak Terduga Olehmu


Cara menabung ini pernah menjadi viral di sosmed, lantaran pemilik akun facebook Amalia Putri membagikan caranya. Berikut ini cara unik dalam menabung di celengan:

Menabung sesuai tanggal

Cara unik untuk menabung yaitu dengan memasukkan sejumlah uang ke dalam wadah, dengan nominal sesuai dengan tanggal. Misalnya hari ini tanggal 7, maka kamu harus memasukkan uang sebesar 7000 rupiah. Tanggal 19, berarti 19000 rupiah harus kamu masukkan ke dalam celengan.


Cara Menabung Yang Unik Tak Terduga Olehmu
Kamu juga bisa memulai dari angka 30 atau 31, sesuai tanggal terakhir pada bulan yang sama. Jadi, pada tanggal 1, nominal uang yang harus ditabung adalah 31000 rupiah. Tanggal berikutnya nominal uang makin kecil hingga pada tanggal 31, kamu hanya perlu seribu rupiah untuk dimasukkan ke dalam celengan.

Kenapa harus dibalik? Karena pada tanggal muda, biasanya uangmu masih banyak. Tahu sendiri kan, gajian ataupun honor biasanya diberikan pada awal bulan.

Untuk memulainya, siapkan wadah kosong dan tempelkan kertas bertuliskan nomor 1-31 atau sebaliknya. Gunakan wadah kaca yang tembus pandang, supaya kamu lebih termotivasi untuk memenuhi isinya.

Beli wadah kaca lagi, jika celengan lama telah penuh. Ulangi prosedurnya seperti bulan lalu, mulai menabung sesuai tanggal di bulan tersebut. Nah, dengan begini maka sikap konsisten akan tumbuh dalam dirimu. Dan tentunya, uangmu makin terkumpul sangat banyak!

Kumpulkan ijo-ijo

Kenapa harus pecahan 20 ribu? Pecahan ini paling lambat untuk beredar atau berpindah tangan. Seringkah kamu mendapat kembalian sebesar 20 ribu rupiah? Jumlah ini juga terbilang sedang, dalam arti tidak terlalu besar tapi juga tidak kecil.

Di beberapa media sosial, cara unik untuk menabung ini disebut "The power of 20 ribu". Para netizen ramai dan heboh dengan hashtag #Pejuang20Ribu. Jadi, bukan hulk saja yang punya kekuatan super, tapi pecahan 20ribu ternyata tak kalah hebat!

Cara menabung yang unik ini tidak memaksa kamu untuk selalu memasukkan uang ke dalam celengan. Kamu harus menabung saat kamu melihat pecahan tersebut ada di dalam dompetmu, bukan dompet bapakmu lho! Hehee..

Saat kamu mendapatkan kembalian sebesar 20 ribu, tidak boleh dibelanjakan tapi harus disimpan dalam celengan. Ketika kamu menemukan uang sebesar 20 ribu di pinggir jalan, cari solusi untuk mengembalikan kepada orang yang kehilangan uang tersebut. Jadi, jangan ditabung ya.

Pokoknya pecahan 20 ribuan yang halal saja yang harus dimasukkan ke dalam celenganmu. Seru banget lho, ketika cara ini dishare di facebook atau twitter. Kamu dan teman-teman punya tantangan baru, yaitu mencapai jumlah tertinggi dengan pecahan 20 ribuan. Jangan bongkar celengan kecuali situasi darurat yang tidak ada jalan selain memecahkan celengan.

Nah, itulah cara unik menabung yang bisa menjadi inspirasi untukmu. Mungkin kamu punya cerita atau ide cemerlang terkait cara menabung yang unik? Dimasukkan dalam peti kayu kemudian ditimbun dalam tanah, atau lainnya? Silahkan tulis di kolom komentar tentang cara kamu dalam menabung. Menarik: 7 Cara Unik Mengecat Dinding Rumahmu

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Menabung Yang Unik Tak Terduga Olehmu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan