Minggu, 14 Agustus 2016

6 Cara Menghafal Dengan Cepat Tak Mudah Lupa

Cara menghafal dengan cepat dapat dilakukan oleh seseorang, ketika ia tahu rahasianya. Zaman dahulu, ada seseorang yang ingin menguji kemampuan hafalan dari seorang ulama besar. Maka dibacakan olehnya 40 hadits yang belum pernah didengar oleh ualam tersebut. Tatkala orang tadi meminta kepada sang ulama untuk mengulang apa yang didengarkan, dengan mudah beliau mengucapkan ke empat puluh hadits tersebut tanpa dikurangi atau ditambahi. Amazing!

6 Cara Menghafal Dengan Cepat Tak Mudah Lupa
Cerita di atas bukanlah bualan belaka. Daya ingat yang kuat dapat dimiliki oleh seseorang disebabkan faktor bawaan. Dengan kata lain, kemampuan tersebut didapatkan sebagai hadiah dari sang Pencipta alam semesta ini.

Bagi kamu yang ingin menajamkan daya ingat sehingga tidak mudah lupa, ada beberapa teknik menghafal yang efektif dan ampuh.

Di sekolah dasar pun diajarkan tentang kebiasaan menghafal sebuah materi pelajaran. Ngaku aja, kamu nyerah saat pelajaran menghafal kan?

Meskipun hafalan bukanlah satu-satunya ukuran kecerdasan, tapi kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam banyak hal. Sebagai contoh, seorang pengusaha yang punya agenda untuk bertemu pada klien. Pada hari yang ditentukan, pengusaha tersebut lupa apa saja agenda yang akan dibahas. Kemungkinan besar, proyek atau rencananya akan mengalami kegagalan.


6 Cara Menghafal Dengan Cepat Tak Mudah Lupa


Sebelum membahas tentang cara mengingat sesuatu tanpa lupa, pahami karakter dirimu sendiri. Apakah kamu tergolong orang yang selalu mengingat dengan baik, dengan cara melihat, mendengar, menulis, atau lainnya. Berikut ini adalah cara menghafal yang tidak mudah lupa:

1. Teknik Mnemonic

Metode menghafal dengan mengubah kalimat yang dihafal menjadi sesuatu yang abstrak. Cara pertama dengan membuat ilustrasi dari kata atau kalimat yang disebutkan. Misalkan kata satu dengan batu, atau semisalnya.

Cara kedua menggunakan metode persamaan bunyi. Contohnya kata insomnia dengan Sonia atau si Nia. Fotosintesis dapat kamu ubah menjadi foto si tante narsis, dan sebagainya.

2. Teknik story system

Metode hafalan ini dilakukan dengan merangkai beberapa informasi yang didengar, menjadi sebuah cerita.

Begini, misalkan kamu ingin mengingat agenda pada hari senin untuk membawa kertas berwarna kuning, dasi, dan 5 buah bendera berwarna merah putih. Maka bayangkan saja kamu akan menangkap Pokemon yang memakai dasi, sedangkan kamu hanya punya 5 buah Pokeball. Intinya, kamu bayangkan saja kalimat yang harus dihafal sebagai benda yang nyata. Kecuali kata tersebut tidak dapat dibayangkan.

Dengan cara tersebut tentunya membuat kamu mudah menghafal benda-benda yang sulit untuk diingat.

3. Latihan memori

Otak pun butuh latihan supaya daya ingat makin tajam. Tanpa dilatih secara rutin, otot-otot tubuh binaragawan akan melemah dan kendur. Sedangkan melatih ketajaman daya ingat dapat dilakukan dengan permainan teka-teki silang, Sudoku, dan lainnya.

4. Dengarkan rekaman suaramu

Baca seluruh tulisan yang harus dihafalkan, rekam menggunakan ponselmu. Dengar suaramu secara berulang, sampai kamu benar-benar hafal. Cara ini ampuh untuk membuat hafalan tidak mudah lupa. Dengan mendengar suara sendiri, seolah kita telah menguasai apa yang diucapkan.

5. Gunakan cermin kaca

Cara efektif untuk membuat hafalan tidak mudah lupa, dapat menggunakan cermin kaca. Ulangi semua materi pelajaran atau kalimat yang diingat sebelumnya. Caranya, ucapkan di depan cermin, seakan-akan kamu mengucapkannya di hadapan banyak orang. Metode ini sangat efektif, karena temanmu mungkin bosan untuk mendengar hafalanmu jika kamu bacakan di depannya.

6. Tulis dan baca kembali

Sebagian orang mengalami kesulitan untuk menghafal tulisan di buku. Cara ampuh untuk mengatasi lupa saat menghafal, dengan menuliskan kembali apa yang harus diingat. Cara ini bekerja pada banyak orang, sehingga mereka tidak mudah lupa dengan sesuatu yang harus diingat.

Sebagai contoh nyata, anak kecil selalu diberikan kertas berisi daftar belanja. Mereka tentunya sulit untuk mengingat apa yang harus dibeli di supermarket. Benar kan?

Nah, itulah 6 cara menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa. Di samping metode hafalan yang disebutkan di atas, perbanyak makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Otak juga membutuhkan asupan gizi, supaya fungsinya dapat berjalan dengan baik. Sangat menarik: Cara Menabung Yang Unik Tak Terduga Olehmu

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

6 Cara Menghafal Dengan Cepat Tak Mudah Lupa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan