Senin, 05 September 2016

11 Cara Unik Mengenalkan Diri Supaya Sulit Dilupakan

Cara memperkenalkan diri seharusnya kamu kuasai, mengingat arti penting sebuah persahabatan. Tentunya kamu tidak asing dengan istilah "Tak kenal, maka tak sayang". Jadi, untuk mewujudkan kasih sayang dengan teman-teman, kamu harus mengenal mereka.

11 Cara Unik Mengenalkan Diri Supaya Sulit Dilupakan
Bagaimana cara mengenalkan dirimu kepada banyak orang? Banyak orang mengalami nervous, demam panggung, gemetaran, dan sebagainya. Terutama bagi kamu yang jarang bicara di depan kalayak ramai. Ah, pengennya sih ngumpet aja kali ya..

Tapi kamu tidak akan bisa menghindar, saat semua orang yang hadir dalam pertemuan keluarga menyuruhmu untuk mengenalkan diri. Atau dalam sebuah komunitas yang kamu ikuti, perkenalan merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Apalagi bagi kamu yang punya sifat introvert, kenal dengan banyak orang pastinya membuat panik dan canggung.


11 Cara Unik Mengenalkan Diri Supaya Sulit Dilupakan


Pernahkan kamu mendengar istilah "kesan pertama tak terlupakan?". Dari kalimat tersebut terlihat jelas bahwa perkenalan dapat menjadi suatu momen yang sulit untuk dilupakan oleh semua orang. Nah, kali ini saya akan bagikan cara mengenalkan diri yang unik dan akan tertancap dalam ingatan banyak orang:

1. Buat cerita menarik terkait nama kamu

Nama yang kamu kenalkan pada banyak orang, akan sulit dilupakan mereka jika kamu menyebutkannya dalam rangkaian cerita. Contohnya begini, "Hai guys, ada hal penting yang dapat kalian ambil sebagai pelajaran. Sewaktu saya masih dalam rahim, ayah saya tidak pernah meninggalkan puasa wajib".

"Tatkala ibu hendak melahirkan saya di hari idul fitri, semua bidan dan dokter spesialis kandungan menyerah. Tidak ada jalan selain operasi caessar. Tapi ayah saya bersikeras supaya bayi lahir secara normal. Ayah berdo’a dengan sungguh-sungguh, memohon kepadaNya dengan kebaikan di hari suci tersebut. Di luar dugaan semua orang, akhirnya saya lahir dengan selamat tanpa operasi bedah! Makanya, ayah menamai saya, fitri".

2. Tulis nama kamu pada selembar kertas

Jika kamu benar-benar seorang introvert dan tak mampu mengenalkan dirimu secara langsung kepada banyak orang, tulis saja namamu pada secarik kertas. Kemudian, suruh semua orang yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk menyebut nama kamu. Biar malu sekalian, tapi namamu akan terkenang dalam ingatan mereka.

3. Sebutkan tokoh terkenal yang namanya mirip dengan namamu

Cara paling mudah mengenalkan diri, sehingga orang lain sulit melupakan salah satunya dengan menyebutkan nama tokoh terkenal yang punya nama mirip denganmu. Misalkan saja namamu Abdul Rasyid. Bilang saja, "Tentunya kalian kenal dengan Hannah Al Rasyid, bukan?. Kenalkan, saya adalah calon suami dari wanita cantik tersebut".


11 Cara Unik Mengenalkan Diri Supaya Sulit Dilupakan

4. Sebutkan nama panggilan yang unik

Jika kamu punya nama cukup panjang atau mungkin nama pasaran (banyak yang menyamai), Kenalkan nama akrab yang biasanya sahabat memanggilmu dengannya. Misalnya saja, "Hai semua, kenalkan nama saya mas boy". Jika kalian pernah nonton film berjudul "catatan di boy", ketahuilah bahwa naskah cerita film tersebut menyontek dari diary pribadi saya.

5. Kenakan pakaian yang unik dan berbeda dari yang lain

Jika kamu akan mengunjungi pertemuan formal yang harus memakai pakaian resmi seperti kemeja, pastikan kamu memakai kaos dengan tulisan unik. Sebagai contoh, gunakan kaos bertuliskan "Remember Me".

Nah, saat diharuskan untuk mengenalkan dirimu, tunjukkan kaos tersebut. Kemudian sebutkan namamu dengan suara lantang. Cara ini cukup berani, dan akan membuat namamu dikenang semua orang yang hadir.

6. Tunjukkan perasaan canggung kepada orang lain

Jika kamu ingin berkenalan dengan orang lain yang sama-sama hadir dalam sebuah pertemuan, carilah seseorang yang terlihat tidak punya teman. Sapa dia, dan ungkapkan bahwa kamu juga datang ke tempat tersebut tanpa teman. Perasaan senasib, akan membuat kalian saling mengenal tanpa canggung lagi.

7. Berikan kartu nama yang unik

Saat berkenalan dengan orang asing, sebutkan namamu dan sodorkan kartu nama yang bentuknya berbeda atau unik. Cara ini ampuh untuk membuat orang lain mengingat namamu.

8. Jadilah teman bicara yang menyenangkan

Buat lawan bicara merasa nyaman. Jangan monopoli pembicaraan, tapi juga tidak terlalu pendiam. Pembicaraan yang interaktif akan membuat orang lain merasa dihargai dan nyaman.

9. Baca penampilan orang lain

Ketika pertama kali berkenalan dengan seseorang, biasanya akan sulit bagi kita untuk memulai pembicaraan. Ada trik sederhana untuk mengatasi masalah ini. Perhatikan apa yang dipakai oleh lawan bicara. Dari pakaian yang dikenakan dan gaya bicara, sebenarnya kamu dapat menilai seperti apa karakter orang tersebut. Jika ia memakai pakaian santai, coba ajak bicara tentang sesuatu yang berbau travelling atau trip.

10. Gunakan mutual friend untuk mencairkan suasana

Dengan menyebutkan nama teman yang dikenal oleh lawan bicara, akan membuat suasana tidak beku. Cara ini akan membuat kalian lebih akrab. Tapi, jangan membahas tentang keburukan teman yang dimaksud, lho.

11. Metode tebak gambar

Jika kamu disuruh untuk memperkenalkan diri di hadapan umum, mungkin di kelas atau panggung, cobalah cara ini:

Lukislah emoticon marah, simbol / (per), dan buah kiwi. Suruh semua yang hadir untuk menebak arti gambar-gambar tersebut. Jika mereka benar, maka jawabannya adalah Sarah Pertiwi.

Nah, itulah 11 cara mengenalkan diri yang unik dan brilian. Cobalah salah satu metode yang menurutmu paling efektif untuk membuat orang lain selalu mengingat namamu. Penting untuk dipelajari: 6 Cara Menghafal Dengan Cepat Tak Mudah Lupa

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Unik Mengenalkan Diri Supaya Sulit Dilupakan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan