Kamis, 06 Oktober 2016

13 Cara Unik Hewan Saat Tidur

Tidak hanya manusia yang butuh tidur, binatang pun tidak akan sanggup untuk terjaga setiap saat. Manusia dapat tidur kapan saja, dengan nyaman dan tenang. Berbeda dengan hewan tertentu, yang mampu tidur di bawah ancaman hewan lain. Itulah sebagian alasan kenapa mereka punya kebiasaan unik saat tidur.

13 Cara Unik Hewan Saat Tidur
Hewan tertentu harus tidur sambil menjaga anak-anaknya dari ancaman pemangsa. Ada lagi hewan lain yang lebih nyaman untuk tidur di atas pohon, karena jauh dari hewan buas yang dapat menyerangnya.

Banyak binatang yang mampu tidur sambil duduk, berdiri, atau tidur dengan satu mata. Wow, binatang apa sajakah yang punya kebiasaan seperti itu? Sebagian lainnya tidur dengan waktu yang sangat lama, atau sebaliknya. Benar-benar perilaku yang unik. Cara unik hewan saat tidur ini tentunya disebabkan oleh faktor tertentu yang mendasarinya.


13 Cara Unik Hewan Saat Tidur


Berikut ini adalah beberapa cara tidur hewan yang unik dan tidak biasa:

1. Tidur dengan menutup satu mata

Beberapa spesies mampu tidur dengan satu mata saja. Hewan yang tidur dengan membuka sebelah matanya termasuk kelelawar buah Wahlberg, anjing laut, pesut, lumba-lumba hidung botol, penguin, dan beberapa unggas.



Keadaan seperti itu terjadi pada hewan, dimana sebagian otaknya saja yang tidur. Kemampuan ini disebut tidur unihemispheric. Perilaku ini bertujuan untuk mengatasi ancaman pemangsa, serta mengatasi otak kekurangan tidur.

2. Tidur terbanyak dalam sehari

Berapa kali anda tidur dalam satu hari? Semut pekerja terbiasa tidur 253 kali setiap hari. Kok bisa? Sekali tidur, semut butuh waktu sekitar 1,2 menit saja.



Ada sekitar 12 ribu spesies semut, rata-rata mereka memiliki penglihatan yang kurang tajam, bahkan sebagian dari mereka mengalami kebutaan. Cara tidur semut cukup unik. Mereka berbaring di atas kedua sisi tubuhnya, dengan kedua betisnya saling berdekatan.

3. Tidur selama 14 jam per hari



Hewan apa yang suka tidur? Ya, jawabnya adalah kucing. Kucing udah biasa tidur selama 13 hingga 14 jam sehari. Bukan hanya kucing rumahan saja lho, tapi singa dan kucing besar seperti macan juga punya waktu tidur yang lama.

4. Tunjukkan bulu indah saat tidur



Nectarinia famosa merupakan burung kecil, yang terbiasa menunjukkan bulu berwarna kuning terang saat tidur. Cara ini ternyata bertujuan untuk mengusir predator di malam hari. Pemangsa akan menyangka bulu tersebut sebagai mata kuning dari binatang yang sangat besar.

5. Rekor tidur paling lama

Rekor tidur terlama tidak diraih oleh kucing, tapi siput gurun. Jika kamu berfikir bahwa beruang merupakan pemegang rekor tidur paling lama (hibernasi), maka kamu perlu tahu bahwa siput gurun mampu tidur selama 3 tahun tanpa bangun.



Siput gurun punya teknik tersendiri untuk mengatur kelembaban untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Siput gurun tidur di siang hari dalam cangkangnya. Hewan ini keluar di malam hari untuk menyantap makanan, apa saja yang dapat dimakan.

6. Tidur sambil terbang

Albatros juga punya cara tidur yang unik. Hewan ini dapat tertidur sambil terbang. Bukan tanpa sebab, lho. Burung ini punya rute penerbangan yang sangat jauh, sekitar 500 kilometer!


Tentu saja albatros dapat tidur sambil terbang, karena ia tidak harus mengepakkan sayapnya untuk terbang. Cukup dengan melayang, mengikuti kemana angin bertiup. Burung langka ini mampu menempuh perjalanan sejauh 800 km dalam waktu 12 jam. Waktu hidup albatros banyak dihabiskan di lautan.

7. Tidur sambil berenang


Hewan apa yang mampu tidur sambil berenang? Mungkin kamu tidak menduga, jika jawabnya adalah lumba-lumba. Ya, binatang lucu ini mampu tidur saat berenang. Pasalnya, lumba-lumba punya gelombang otak non-REM. Sehingga tidur dapat dilakukan sambil melakukan aktivitas.

8. Tidur sambil mengapung


Berang-berang biasa tidur sambil mengapung di atas permukaan air. Uniknya, meski binatang ini tertidur tapi tidak hanyut saat arus air mengalir deras, lho.

9. Tidur sambil berdiri


Binatang lain yang juga mampu mengistirahatkan sebagian otaknya seperti sapi dan kuda. Kedua hewan ini dapat tertidur dalam posisi berdiri. Tapi tidurnya tidak nyenyak seperti lumba-lumba. Sapi dan kuda dapat tidur nyenyak saat mereka terbaring.

10. Tidur sambil duduk

Monyet terbiasa tidur di puncak pohon. Seperti Babon papio Afrika, yang mampu tidur di ujung pohon sambil duduk dengan tangannya memegang batang pohon. Hewan lain akan mengira bahwa monyet tersebut tidak tidur. Padahal, si monyet sedang terlelap. Hahaha..

11. Hewan yang jarang tidur


Berapa lama anda dapat menahan rasa kantuk? Delapan jam? Sehari semalam? Jerapah merupakan hewan yang mampu menahan kantuk selama berminggu-minggu tanpa sekali pun tidur siang.

12. Tidur sambil bergelantungan


Siapa lagi yang mampu tidur dengan posisi tubuh bergelantungan, kalau bukan kelelawar? Posisi menggantung saat tidur, memungkinkan baginya untuk terbang setiap saat sewaktu ancaman datang. Alasan lainnya adalah kaki kelelawar tidak mampu untuk menopang tubuhnya sendiri.

13. Tidur sambil mencari mangsa


Platypus mampu tidur seolah hewan ini sedang mencari mangsa. Mungkin, inilah cara ia menghindari binatang pemangsa. Platypus punya masa tidur selama 14 jam setiap harinya. Penyebabnya adalah banyaknya kalori yang dikonsumsi olehnya.

Nah, itulah 13 cara tidur yang unik dari beberapa hewan. Mungkin anda juga punya kebiasaan tidur yang tidak sama dengan orang lain? Mungkin menambah pengetahuan anda: 4 Cara Unik Usir Nyamuk Yang Super Ampuh

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Cara Unik Hewan Saat Tidur
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan