Senin, 19 Desember 2016

7 Cara Membasmi Tikus Di Rumah Tanpa Balik Lagi

Cara membasmi tikus yang efektif menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Binatang satu ini hanya terlihat lucu di film kartun saja. Kenyataannya, semua orang merasa jengkel dengan ulahnya. Gimana enggak, peralatan dapur diacak-acak, kolong di bawah lemari menjadi bau akibat kotoran tikus.

Kucing menangkap tikus
Jadi, bagaimana cara mengusir tikus dari rumah kita? Sebagian orang berusaha membasmi hawa ini menggunakan racun tikus, sebagian lagi menggunakan alat elektrik sebagai pengusir tikus. Ada lagi yang memberantas tikus dengan alat penjebak, lem, dan lainnya.

Pasalnya, penggunaan racun tikus dirasa kurang efektif. Kenapa? Kemungkinan tikus akan mati di tempat-tempat yang sulit dijangkau. Belum lagi, bau yang ditinggalkannya. Kalau sudah begitu, anda akan punya pekerjaan baru yaitu membuang bangkainya.

Ulah tikus memang membuat geram dan sebel. Bukan hanya baunya yang tidak sedap, tapi penyakit yang dibawanya pastinya menjadi masalah yang cukup serius.


7 Cara Membasmi Tikus Di Rumah Tanpa Balik Lagi


Banyak cara untuk mengusir tikus yang anda lakukan, tapi kali ini kita akan menggunakan cara tradisional dan ampuh. Seperti apa? Berikut ini cara ampuh untuk membasmi tikus di rumah:

1. Taruh kapur barus di sarang tikus

Bau menyengat dari kapur barus sangat tidak disukai oleh tikus. Taruh kapur barus di tempat-tempat yang sering diacak-acak oleh tikus. Tapi, tikus di jaman sekarang lebih kebal dengan kapur barus. Mungkin alat penciuman mereka sudah terbiasa atau beradaptasi.

2. Piara jangkrik

Cara paling ampuh untuk mengusir tikus dengan memelihara jangkrik di rumah. Apakah ini benar-benar terbukti? Perlu anda ketahui, bahwa tikus sangat takut dengan ular. Nah, suara jangkrik mirip sekali dengan derik ular tertentu. Simak juga: 13 Cara Tidur Hewan Yang Unik

3. Buah Mengkudu

Anda tentu tidak menyukai aroma buah mengkudu bukan? Tikus pun demikian. Untuk mengusir tikus dari gudang dan membuatnya tidak betah, siram gudang dengan jus mengkudu. Untuk mengatasi tikus sawah, cara ini efektif juga.

4. Daun mint

Aroma mint sangat tidak disukai oleh tikus. Untuk itu, anda perlu membeli seikat daun mint. Ambil sari daun mint, larutkan ke dalam segelas air. Masukkan larutan ini ke dalam semprotan, kemudian semprotkan ke tempat-tempat yang sering dihinggapi oleh tikus. Akan lebih hemat, jika anda mampu menanam pohon mint dalam pot bunga dan menaruhnya dalam rumah.

5. Kulit Durian

Setelah makan buah durian yang lezat, jangan buang kulitnya yang berduri tapi harum. Pasalnya, bau harum ini mampu mengusir tikus curut lho. Taruh kulit durian di tempat-tempat yang biasa digunakan tikus untuk bermalam.

6. Piara kucing

Cara ampuh mengusir tikus di rumah, salah satunya dengan memelihara kucing. Ini berlaku untuk semua jenis tikus. Mendengar suara meong saja, akan membuat tikus lari tunggang langgang. Sebaiknya pilih kucing jantan untuk dipiara.

7. Tangkap dan warnai

Cara unik untuk mengusir tikus dengan menangkap salah satu dari mereka. Jika anda merasa enggan untuk memegang tikus, celupkan ke dalam cat tembok sebentar saja. Lepaskan tikus yang basah oleh pewarna tersebut.

Pastikan tikus besar yang diwarnai dengan warna cerah. Ketika tikus tersebut kembali ke habitatnya, maka semua anggotanya akan tercerai berai dan ketakutan.

Untuk mencegah tikus kemabali ke rumah anda, sebaiknya selalu jaga kebersihan rumah. Kondisikan rumah anda selalu bersih, harum, dan segar.

Nah, itulah 7 cara mudah untuk mengusir tikus dari rumah dan membuatnya jera. Mungkin anda punya cara lebih efektif untuk membasmi tikus rumah? Silahkan tulis komentar anda di kolom yang disediakan di bawah ini. Semoga membantu. Pelajari: 6 Cara Ampuh Bersihkan Termos Kotor

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Cara Membasmi Tikus Di Rumah Tanpa Balik Lagi
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan