Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Melepas Cincin Yang Sesak di Jari Manis

Cincin yang dipakai di jari manis selama bertahun-tahun biasanya sangat sulit untuk dilepaskan. Wajar saja, dulu jari tangan anda lentik dan mungil, tapi kini membesar dan bengkak. Alhasil, cincin yang sekian lama terpakai tidak dapat dilepaskan.

Cincin kekecilan
Jika anda terus memaksa untuk mengeluarkan cincin tersebut, pastinya jari tangan akan terasa sakit dan memerah. Kebanyakan orang segera mengambil lotion atau sabun cair, kemudian mengolesi jari tangan untuk memudahkan pelepasan cincin yang melingkar di jari tersebut.

Sayangnya, banyak orang tetap gagal menggunakan cara ini. Sehingga logam yang melingkar di jari manisnya tetap tidak mampu dikeluarkan. Lantas, bagaimana caranya untuk melepaskan cincin yang kekecilan tersebut? Tenang, ada trik mudah yang dapat anda coba untuk melepas logam melingkar di jari anda.


Cara Melepas Cincin Yang Sesak di Jari Manis


Cara pertama

Gunakan vaseline, kondisioner, atau baby oil. Oleskan bahan pelicin tersebut pada kulit jari dimana cincin terjebak di sana. Putar cincin sambil mengoleskan pelicin, sehingga jari anda menjadi licin.

Tarik cincin secara perlahan dengan arah memutar, keluarkan dari jari manis anda. Putar secara perlahan, oleskan pelicin, tarik maju mundur dengan perlahan.

Cara kedua

Dr Simon Carley di Centre for Evidence Based Emergency Care punya cara mudah untuk melepas cincin dari jari bengkak menggunakan benang. Trik sederhana ini bisa anda coba sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Ambil benang yang tidak mudah putus secukupnya.
  • Masukkan ujung benang dan selipkan di antara jari manis dengan cincin, gunakan tusuk gigi untuk menyelipkan ujung benang tersebut.
  • Lilitkan benang yang tersisa, melingkari jari anda dari bagian yang bengkak ke ujung jari.
  • Raih ujung benang yang terselip antara cincin dan jari.
  • Tarik dengan hati-hati ujung benang, untuk melepas lilitan benang.
  • Seiiring terlepasnya lilitan benang, cincin pun lepas dari jari manis anda.

Cara mengeluarkan Cincin Sesak

Nah, setelah cincin keluar dari jari yang bengkak, segera simpan ke dalam kotak perhiasan yang aman. Jangan mencoba untuk memakai cincin kecil tadi di jari yang sama.

Tips tambahan

  • Jika cincin menyangkut pada ruas jari manis, pegang cincin menggunakan jempol dan jari tengah dan tarik menggunakan telunjuk secara perlahan.
  • Jika cincin belum berhasil dilepas dengan cara di atas, jangan panik. Ulangi metode tersebut beberapa kali, sampai berhasil.
  • Jika anda selalu gagal untuk melepas cincin yang sesak, pergilah ke rumah sakit atau ahli perhiasan untuk meminta bantuan.
  • Cobalah lepas cincin pada saat cuaca dingin, di pagi hari. Gunakan lotion untuk membantu melepaskan cincin.
  • Setelah cincin sampai pada buku jari, tekuk jari anda dan tarik keluar cincin secara perlahan.
  • Jangan memakai cincin yang sangat sempit. Selalu perhatikan cincin yang sudah dipakai, apakah jari anda bertambah gemuk seiiring kenaikan berat badan.
  • Jangan menarik cincin secara paksa, karena akan melukai jari tangan dan membuatnya terasa sangat sakit.
  • Pergi ke unit gawat darurat, untuk memotong cincin yang sesak. Lakukan tindakan ini, ketika semua cara untuk mengeluarkan cincin tidak berhasil.
  • Jangan tunggu cincin makin sesak di jari manis. Segera lepas dan ganti dengan cincin yang baru.

Nah, itulah cara melepas cincin yang sesak di jari manis. Keselamatan anda lebih berharga dari nilai perhiasan di jari anda. Semoga cincin yang kekecilan di jari anda dapat dikeluarkan. Jika tidak, lebih baik menyerahkan masalah ini kepada tim medis untuk mendapat pertolongan. Semoga membantu. Simak juga: 7 Aksesoris Unik yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Melepas Cincin Yang Sesak di Jari Manis
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan