Kamis, 14 Desember 2017

11 Cara Unik Mengusir Lalat Hijau di Rumah

Anda pasti bingung mencari cara ampuh untuk mengusir lalat, bukan? Wajar, sih. Lalat termasuk serangga pengganggu dan penyebar penyakit. Bagaimana tidak, suka mengerubuti tempat kotor, kemudian hinggap pada makanan atau minuman.

Cara Usir Nyamuk Hijau
Cara cepat mengusir lalat, dapat dilakukan dengan menggunakan lem lalat. Cukup taruh perekat tersebut di meja makan, maka serangga terbang ini akan terjebak atau nempel pada permukaan yang ada lemnya.

Cara instan lainnya dengan menggunakan semprotan anti serangga. Cukup semprotkan cairan ke ruangan, maka lalat tidak akan berani hinggap.

Tapi kedua cara ini kurang bagus dari sudut pandang kesehatan, mengingat bahan kimia yang digunakan. Paparan zat kimia secara terus – menerus sangat buruk untuk tubuh kita.


11 Cara Unik Mengusir Lalat Hijau di Rumah


Sebagian orang membasmi lalat dengan cara menepuknya menggunakan raket serangga. Wah, cara ini sangat tidak efektif. Gimana kalau hinggapnya di atas meja di sebuah warung makan? Bisa – bisa salah tepuk, terkena semua hidangan di situ. Parahnya lagi, kalau tepukan raket mengenai jidat pembeli. Wah, kacau kan?

Baiklah, cara yang akan kita bahas ini menggunakan bahan alami. Dan tentunya bisa dibilang cara unik. Berikut cara unik membasmi lalat di rumah kita:

1. Plastik berisi air

Metode paling ampuh untuk mengusir lalat, dengan menaruh plastik berisi air di atas meja. Cara ini cocok diterapkan di warung – warung makan.


11 Cara Unik Mengusir Lalat Hijau di Rumah
Bisa juga plastik tersebut digantung di dekat lampu yang terang. Ini bukan mitos, tapi dapat dijelaskan secara ilmiah lho!

Kantong plastik yang diisi air akan menimbulkan pembiasan cahaya, jika terkena cahaya. Mata lalat terdiri dari ribuan sudut pandang.

Pembiasan cahaya oleh kantong plastik, akan membuat lalat pusing tujuh keliling. Bayangkan ribuan CCTV yang terkena cahaya membias, pastinya view menjadi kacau kan? Akhirnya, lalat pun terbang seribu langkah!

Note: Pastikan kantong plastik ditaruh atau digantung di dekat lampu pijar / bolam. Jangan diletakkan di ruangan gelap.

2. Lilin

Entah kenapa lalat tidak suka dengan bau lilin yang terbakar. Para penjual nasi di pinggiran jalan biasa menyalakan lilin, dengan tujuan untuk mengusir lalat, selain untuk penerangan tentunya.

3. Usir lalat dengan daun pandan

Kalau manusia suka bau harum terlebih untuk penyedap masakan, berbeda dengan lalat yang suka bau busuk. Lalat sangat tidak suka dengan aroma berikut ini:

4. Bunga lavender
5. Daun Kemangi
6. Cengkeh
7. Bawang putih
8. Minyak Kayu Putih

Cukup letakkan salah satu atau beberapa bahan alami tersebut pada tempat yang tidak ingin dihinggapi lalat. Daun pandan ampuh mengusir lalat yang sering mengerubuti ikan – ikan di pasar lho. Caranya, cukup diiris – iris dan diletakkan di sekitar ikan.

9. Jeruk Lemon

Belah atau iris – iris jeruk lemon menjadi beberapa bagian, taruh di meja makan. Cara ini efektif untuk mengusir lalat.

10. Kipas Angin

Cara cepat mengusir lalat adalah membuat udara ruangan menjadi bergerak, dengan kipas angin. Lalat tidak suka dengan angin. Makin kencang anginnya, makin tidak betah si lalat. Tapi kalau cuaca sedang dingin, cara ini kurang efektif. Bagi kesehatan pun kurang bagus.

Simak juga: 4 Cara Unik Usir Nyamuk Yang Ampuh

Nah, itulah 11 cara unik yang amupuh untuk mengusir lalat hijau maupun jenis lainnya. Silahkan coba satu persatu, pilih cara yang paling ampuh menurut anda. Jaga kebersihan lingkungan, karena lalat suka dengan dengan tempat kumuh. Semoga berguna.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Unik Mengusir Lalat Hijau di Rumah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan