Sabtu, 17 September 2016

3 Cara Merebus Telur Supaya Utuh Dan Mudah Dikupas

Seringkali saat kita memasak telur, hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Memang benar telur menjadi matang, tapi tidak sempurna. Telur matang yang telah direbus sebelumnya, terkadang cangkangnya retak. Bahkan, tidak jarang cangkang pecah sebelum bagian dalamnya matang.

Cara cepat merebus telur
Jika cangkang luar pecah saat proses merebus, akibatnya putih telur yang belum matang akan berhamburan dan bercampur dengan air dalam panci. Pastinya anda pernah mengalami hal ini, bukan?

Masalah lain yang kadang terjadi adalah cangkang sulit dipisahkan dari telur yang sudah matang. Dapat dibayangkan ekspresi wajah anda yang kesal saat mengupas cangkang telur yang nempel. Kesal, kecewa, dan rasa sesal yang teramat dalam. (Hahahaa, lebay..)


3 Cara Merebus Telur Supaya Utuh Dan Mudah Dikupas


Sebenarnya tidak sulit untuk merebus telur, sehingga mudah dikupas dan utuh sempurna. Rahasia telur matang secara sempurna terletak pada cara merebus dan proses pendinginan. Baiklah, langsung saja simak langkah-langkah merebus telur supaya tidak pecah:

Cara pertama

Agar cangkang tidak pecah saat direbus, lapisi dengan air lemon atau jeruk nipis. Iris-iris jeruk nipis, peras dan teteskan airnya pada cangkang telur. Pastikan semua bagian cangkang basah oleh air lemon. Tunggu sampai airnya kering dengan sendirinya.

Setelah cangkang telur kering kembali, rebus dalam panci yang berisi air selama ¼ jam. Tidak masalah, jika anda menutup panci saat proses merebus. Cara ini dapat anda lakukan, untuk merebus telur ayam dan telur puyuh.

Kenapa cangkang tidak mudah pecah dengan cara ini? Hal ini disebabkan asam kuat dalam jeruk nipis, yang membuat cangkang tidak mudah retak. Lebih dari itu, metode ini akan memudahkan bagi anda saat mengupas telur.

Cara kedua

Supaya telur lebih cepat matang saat direbus, anda dapat menggunakan cuka. Jika telur biasanya matang setelah direbus selama 30 menit atau lebih, maka anda dapat memperoleh telur matang lebih cepat menggunakan cuka saat merebusnya.

Penambahan cuka dalam air yang digunakan untuk merebus telur, akan membuat putih telur menjadi matang dengan sangat cepat.

Caranya, rebus telur dengan air dalam sebuah panci. Nyalakan api hingga air dalam panci hampir mendidih, tuangkan 1 sdm cuka ke dalamnya. Jika anda khawatir rasa telur akan berubah saat matang, kurangi cuka sebanyak ½ sdm saja.

Setelah telur menjadi matang, angkat dan masukkan ke dalam air dingin. Cara ini dapat anda lakukan, jika anda ingin segera menyantapnya. Akan lebih cepat lagi, dengan mengganti air yang digunakan untuk merendam telur, saat airnya mulai hangat.

Jika anda tidak ingin menunggu telur menjadi dingin dalam waktu lama, masukkan dalam wadah berisi air dan es batu. Metode ini juga berguna untuk memudahkan pengupasan cangkang telur.

Setelah cangkang dikupas dengan sempurna, silahkan simpan telur dalam wadah tertutup kemudian masukkan ke dalam freezer. Cara ini akan membuat telur awet selama seminggu.

Cara ketiga

Tidak jauh dari cara kedua, bedanya pada bahan yang ditambahkan ke dalam air. Mungkin anda tidak memiliki cuka di dapur, gunakan saja garam. Ketika air hendak mendidih, tambahkan ½ sdt garam ke dalamnya.

Nah, itulah 3 cara merebus telur supaya utuh dan mudah dikupas. Silahkan coba satu per satu metode di atas, untuk mendapatkan telur matang yang sempurna. Mungkin anda punya pengalaman untuk merebus telur yang cepat dan tidak pecah cangkangnya? Silahkan tulis komentar anda di kolom yang disediakan. Mungkin berguna bagi anda: 14 Cara Mengubah Kamar Menjadi Unik Tidak Membosankan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

3 Cara Merebus Telur Supaya Utuh Dan Mudah Dikupas
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan